Cara kerja paru-paru manusia



Setiap saat kita bernapas tanpa kita sadari. Bayangkan saja setiap menit kita akan bernapas sekitar 15 ampai 25 kali permenit dengan memompakan udara setiap hari sekitar 8.000 - 9.000 liter udara per hari.

Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan (respirasi) dan berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernapas dengan udara. Fungsinya adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.




Cara kerja paru-paru (cara kita bernafas)

Paru-paru kita terdiri dari organ-organ yang sangat komplek. Bernapas terutama digerakkan oleh otot diafragma (otot yang terletak antara dada dan perut). Saat kita menghirup udara, otot diafragma akan mengerut, ruang yang menampung paru-paru akan meluas. Dan begitu pula sebaliknya, saat kita menghembuskan udara diafragma akan mengembang dan paru-paru akan mengempis mengeluarkan udara mirip balon yang kempis.

Akibatnya, udara terhirup masuk dan terdorong keluar paru-paru melalui trakea dan tube bronkial atau bronchi, yang bercabang-cabang dan ujungnya merupakan alveoli, yakni kantung-kantung kecil yang dikelilingi kapiler yang berisi darah. Di sini oksigen dari udara berdifusi ke dalam darah, dan kemudian dibawa oleh hemoglobin.

Pada istem pernafasan manusia, kita rata-rata menghirup udara 8.000 - 9.000 liter udara perhari yang digunakan untuk 9.000 liter darah yang di pompakan dari jantung kita.

Anatomi Paru-paru

Bagian-bagian utama paru-paru adalah alveoli, trachea, diapragm, bronchi, dan bronchioles.

Trachea atau batang tenggorokan berupa pipa tempat lalunya udara. Udara yang di hirup dari hidung dan mulut akan di tarik ke trachea menuju paru-paru.

Bronchi merupakan batang yang menghubungkan paru-paru kanan dan kiri dengan trachea. Udara dari trachea akan di bawa keparu-paru lewat batang ini.

Bronchioles merupakan cabang-cabang dari bronchi berupa tabung-tabung kecil yang jumlahnya sekitar 30.000 buah untuk satu paru-paru. Bronchioles ini akan membawa oksigen lebih jauh ke dalam paru-paru.

Alveoli merupakan ujung dari bronchioles yang jumlahnya sekitar 600 juta pada paru-paru manusia dewasa. Pada aveoli ini oksigen akan di difusi menjadi karbondioksida yang di ambil dari dalam darah.

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10409847

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan Anda Gimana?