-->

Cara menghitung pemakaian listrik secara manual

Kali ini ane mau berbagai tips cara mengukur/menghitung pemakain daya listrik realtime di rumah agan. Maksudnya realtime disini adalah pemakaian daya pada saat agan mengukurnya, bukan perkiraan pemakaian dengan menghitung daya yang tertulis pada peralatan listrik di rumah agan.
Quote:
Sebenarnya untuk mengukur besarnya daya listrik sudah ada alatnya, yaitu dengan menggunakan Watt Meter, namun sangat jarang yang memiliki alat tersebut, belum lagi bagi orang awam (kayak ane hehe..) susah juga kalo mau masang alat ukur tersebut.
Quote:
Seringkali agan mengeluhkan besarnya tagihan listrik padahal agan merasa menggunakan energi listrik lebih sedikit dari tagihan di rekening. Atau agan sering membandingkan pemakaian listrik rumah agan dengan rumah tetangga. Tentunya tanpa benar-benar tau (dengan pengukuran) berapa rata-rata yang agan pakai dalam sehari.
Quote:
Ternyata, meteran listrik yang terpasang di rumah selain untuk mengukur energi (kwh) juga bisa digunakan untuk mengukur daya yang terpakai. Dengan bantuan stopwatch (stopwatch di HP juga boleh hehe..) dan sedikit perhitungan agan bisa mengetahui berapa besar daya listrik yang agan gunakan saat itu.
Quote:
Langsung menuju tkp gan...
Spoiler for Penjelasan:

1. Sudah tahu kan yang namanya kwh Meter ?
Umumnya kita menyebutnya sebagai meteran listrik. Kalau belum tahu, yang begini bentuknya
Spoiler for gambar:

2. Yang perlu diperhatikan dari kwh Meter tersebut adalah putaran dari piringan kwh.
Semakin banyak alat listrik yang agan gunakan, maka putaran kwh Meter tersebut akan semakin cepat. Itu artinya daya aktif (watt) yang agan pakai juga semakin banyak, itu berarti pula angka di stand kwh meter akan semakin cepat bertambah.
3. Kecepatan putaran piringan kwh Meter inilah yang akan kita hitung dengan stopwatch.
Untuk menghitung putaran piringan kwh Meter agan harus memperhatikan tanda berwarna hitam pada piringan kwh Meter. Tanda hitam inilah yang menjadi patokan mulai dan berhenti saat menghitung putarn piringan kwh Meter.
4. Selain putaran piringan kwh Meter, yang perlu agan catat adalah konstanta dari kwh meter tersebut.
Coba lihat di nam plate kwh Meter, disana akan ditemukan banyak spesifikasi dari meteran listrik tersebut. Konstanta kwh Meter selalu diikuti satuan Putaran/kwh atau Put/kwh. Sebagai contoh adalah konstanta 900 Put/kwh. Maksudnya, untuk menghasilkan angka 1 kwh di stand meter piringan kwh harus berputar sebanyak 900 kali. Konstanta kwh Meter berbeda-beda, jadi harus melihat langsung di name plate kwh Meter tersebut. Konstanta yang umum adalah 900 Put/kwh, 1250 Put/kwh, 720 Putkwh dan 600 Put/kwh.
5. Kalo sudah paham, langsung praktek aja gan....
a. Perhatikan name plate kwh Meter di rumah agan, carilah konstanta dari KWH meter tersebut. Catat hasilnya, misal : 900 Put/kwh
b. Siapkan stopwatch, jika agan gag punya bisa gunakan stopwatch yang ada di HandPhone.
c. Perhatikan putaran piringan kwh Meter. Tunggu sampai muncul warna hitam di piringan kwh Meter.
d. Saat tanda hitam muncul dan posisi tepat di tengah, tekan tombol START pada stopwatch.
e. Tunggu sampai tanda hitam muncul lagi, itu artinya piringan kwh meter sudah berputar 1 kali. Untuk perhitungan biasanya jumlah putaran minimal 3 kali.
f. Tekan tombol STOP pada stopwatch setelah agan mendapatkan jumlah putaran yang agan inginkan.
g. Catat waktunya (dalam detik), misal dari pengukuran diperoleh hasil 3 putaran = 43,52 detik.
h. Kalo sudah, untuk menghitung besarnya Watt yang kita pakai adalah =
Watt = (3600 x Jumlah Putaran) / (Konstanta x Waktu Putaran) x 1000
Quote:
Spoiler for contoh:
Sebagai contoh pengukuran di atas :
Watt = (3600 x 3) / (900 x 43,52) x 1000
= 0,275 x 1000
= 275 Watt.

Artinya, pada saat pengukuran tadi kita sedang menggunakan daya listrik sebanyak 275 Watt. Untuk memperkirakan pemakaian satu bulan (dengan asumsi pemakaian adalah sama seperti saat pengukuran sepanjang hari); tinggal dikalikan 0,72 (dari 24 jam x 30 hari / 1000), nanti munculnya dalam bentuk kwh. Misal untuk pengukuran di atas, 275 x 0,72 = 198 kwh/bulan.
Quote:
Spoiler for Rp/kwh:
Cara menghitung Rp/kwh
kwh (kilowatt – Hour) berarti energi yang digunakan selama 1 jam pemakaian.
1 kwh = energi sebesar 1 kilowatt (1000 watt) digunakan selama 1 jam.

Jadi, lampu 40W selama 1 jam = 40Wh (watt-hour) = 0.04 kwh (kilowatt-hour).
Makanya kalo 1 kwh = Rp.500 40 wh = 40 / 1000 x 500 = Rp 20 (bukan 40 x 1000)

Bedakan antara watt-hour dengan watt :
Watt = Joule / detik.
Lampu 40W = lampu tsb, mengkonsumsi energi listrik sebesar 40 Joule setiap detiknya.
Kalau lampu dinyalakan selama 1 jam = energi listrik yang dikonsumsi adalah 40 Wh (watt-hour), yang sebenarnya sama dengan 40 Joule/detik x 3600 detik = 144000 Joule.

Sebenarnya berapa Rupiah sih per kwh ?
Spoiler for gambar:


Dengan melakukan pengukuran secara langsung kita baru benar-benar tahu berapa perkiraan Watt yang sebenarnya digunakan.
Sebagai catatan, yang terukur disini adalah daya aktif (Watt) yang terukur oleh Kwh Meter, bukan VA (daya semu) yang dijadikan patokan daya kontrak. Ketelitian pengukuran sangat tergantung pada ketelitian kita saat mengukur waktu putaran dan tentu saja ketelitian dari Kwh Meter itu sendiri.
Labels: Info

Thanks for reading Cara menghitung pemakaian listrik secara manual. Please share...!

44 komentar on Cara menghitung pemakaian listrik secara manual

  1. Mantap gan, ane mau belajar dong.. ada yang mau ditanyakan..

    itu hitungan 0,72 hasil dari pembagian/perkalian apa gan.? bingung nih.. hehehe

    ReplyDelete
  2. iya, gw jg binun neeh, angka 0,72 itu dari mana yaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum angka 0.72 kan ngitung watt dulu. Dari rumus watt ada 3600 yg akan mengkonfirmasi detik menjadi jam.

      Delete
  3. di artikel udah ditulis kok
    0,72 berasal dari (24 jam x 30 hari)/1000

    ReplyDelete
  4. Bos, daya drmh ane 1300. Penggunaan listrik wajar, ac 1/2 Pk, televisi, kulkas, magic com,lampu 10 rata 20 watt. Terus charge ponsel,laptop,gadtet,dll. Bayar tiap bln 350rban...wajar gak?

    ReplyDelete
  5. gmna gan cara melihat stand meter yang sudah kita gunakan namin kita belum bayar ke pln,,
    d tunggu ngan jawaban y,,,
    thank`s..........

    ReplyDelete
  6. for KhAS,
    sy kira itu angka yg wajar, sy juga 1300 tanpa AC bayar 230 ribuan, ac kan makan banyak listrik untuk mengetahui konsumsi listrikmu per bulan praktekan tips diatas nyalakan semua perangkat elektronik, trus ukur dgn stopwatch hitung deh seperti contoh diatas nanti jawab sendiri wajar gak pemakaian istrimu eh sory listrikmu..? peach gan

    ReplyDelete
  7. klo alat yang bisa ngukur pemakaian listrik ada g gan???selain meteran listrik yang dikasih sama PLN?

    ReplyDelete
  8. kalau ingin mengetahui Watt dari barang elektronik yang belum diketahui watt nya gimana kk? pakai watt hour atau watt? makasih

    ReplyDelete
  9. misalnya kita telah mengganti gulungan spull dari kipas angin, dipastian hasil gulungan spull kita tidak sama dengan hasil pabrik, untuk itulah saya ingin mencari watt nya. makasih.

    ReplyDelete
  10. bila kita hanya hidupkan satu kipas angin dan mematikan semua barang elektronik yg ada, apakah bisa kita hitung watt dari kipas angin tsb, dengan menggunakan rumus pertama? makasih

    ReplyDelete
  11. kalau ingin mengetahui Watt dari barang elektronik yang belum diketahui watt nya gimana kk? pakai watt hour atau watt? makasih

    ReplyDelete
  12. Bisa dilakukan di rumah. Mantap infonya.

    ReplyDelete
  13. gan ane mau nanya ni...

    ane punya usaha warnet kecil dengan jumlah komputer 7 (sudah termasuk server), semua komputer 17 jam /hari, warnet ga pake AC, cuma pake kipas angin 1, lampu neon 10 watt 1 biji, dan 2 lampu biasa 20 watt merk philip, ...(semua lampu nyala dari jam 5 sampai jam 6 pagi)

    permasalahannya begini....
    sebelah warnet ane ada warung, dan warung itu listriknya nebeng sama ane, setiap bulan dia bayar ke ane 30 % dari total bayar tagihan listrik.
    penggunaan listrik diwarung : 2 buah kulkas (nyala 24 jam) 1 buah reskuker (nyala kira2 15 jam /hari), kipas angin 1, lampu neon 10 watt 1 buah , lampu biasa merk philip 5 (nyala kira2 7jam/hari), charger hp tiap hari.

    yang mau saya tanyakan, warung itu bayar 30% ke ane kemahalan atau murah ???
    mohon pencerahannya...ditunggu jawabannya....

    * listrik ane 1300 w

    ReplyDelete
  14. Per kwh ñƴα brp c......?

    ReplyDelete
  15. Sob di kwh meter itu ada spesifikasi 10 (40) A. Itu yh 40 kn arus maksimum. Klo yg 10 nya itu apa?

    ReplyDelete
  16. haduh Sayang ini penghitungan nya apakah berlaku untuk tarif sekarang ,kan listrik naik jumlah kwh yg di dapt pada thn 2011 dan 2014 sekarang beda jauh Pulsa Listrik y sekarang kwh semakin sedikit sekali

    @www.kompas-inet.com

    ReplyDelete
  17. klw menurut saya seorang teknisi listrik bandung biar lebih jelas langsung hub call center pln aja karana tiap daerah beda beda kwh yg di dapat layanan call center PLN tinggal hub 123

    ReplyDelete
  18. info, kalau kwh meter digital sekarang bisa langsing tekan 41 lalu enter maka akan muncul daya ( ampere ) yang sedang kita terpakai..
    dan
    kalau mau melihat tegangan (volt) tinggal tekan 47 lalu enter. tidak perlu tang ampere atau volt meter.
    semoga membantu....
    by. budy.berau@gmail.com

    ReplyDelete
  19. Kalo pake adaptor dengan tulisan AC 220 VOLT ~50/60 HZ MAX 0.75 A, Output : DC 24V, 1A. Di peralatan yang tersambung ke adaptor tertulis MAX 6.5 watt. Jadi berapa watt daya yang dipake dalam 24 jam, mohon bantuan perhitungannya gan. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  20. boleh di coba nih tipsnya sob ?

    tinyurl.com/ljbhszs

    ReplyDelete
  21. Huaduhhh ... pusing juga
    But , terimakasih banyak infonya yah

    ReplyDelete
  22. Di tempat ane dgn daya 1300 tagihannya sering tmbus 450+, peralatan banyak namun jarang digunakan. TV 14' 4 Unit n 21' 2 unit, kulkas 2 unit, n yg lain paling kipas angin sma charger HP. Wajar nda gan klo tmbus sgitu?
    Mohon infonya..

    ReplyDelete
  23. Jadi tambah ngerti sekarang,, makasih untuk artikelnya bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  24. terimakasih sudah berbagai cara-cara menghitung pemakaian listrik ..

    ReplyDelete
  25. Nama saya Aceng, saya dari Indonesia, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kredit palsu lender di sini di internet dan beberapa mereka yang tulus, saya ditipu di sini lebih dari 70 juta 3 bulan lalu online sebelum seorang teman yang mendapat pinjaman baru untuk menghubungkan saya dengan seorang wanita bernama Ibu Diana yang merupakan CEO dari Diana Robert Badan kredit . Jadi saya mengajukan pinjaman seperti tingkat bunga rendah dari 2%, jadi saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada ALLAH terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu Anda, bahwa mereka banyak scammers luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin cepat mendaftar hanya melalui ibu Diana, melalui email. dianarobertloanfirm@consultant.com dan dianarobertloanfirm@gmail.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; ekaaceng@gmail.com mendapatkan informasi tahu. mohon jam satu-satunya tempat yang handal dan terpercaya. Tidak ada asuransi tax.No, HANYA BIAYA PENDAFTARAN membayar .. terima kasih

    ReplyDelete
  26. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

    ReplyDelete
  27. Önemli giriş adreslerine buradan ulaşabilirsiniz.
    betturkey giriş
    betpark giriş
    LGPR

    ReplyDelete

Tanggapan Anda Gimana?

Back To Top