-->

Inilah 9 Merek Laptop Yang Paling Awet

Pernah berpikir Laptop apa yang paling awet? Pusing mengapa Laptop yang dibeli cepat rusak atau sangat awet. Mungkin Anda perlu menyimak hasil penelitian ini yang dilakukan oleh Square Trade jadi Anda bisa tahu salah satu alasan mengapa Laptop cepat rusak atau sangat awet. Bagi yang belum punya, bisa saja jadi pedoman dalam hal membeli Laptop. Jadi, ini dia ::


Quote:
1. ASUS

Nama ASUS sepertinya cukup populer, baik dalam kalangan desktop maupun laptop. ASUS mendapat peringkat pertama karena dalam hasil uji coba, tingkat kerusakan dalam 2 tahun adalah dibawah 10%, sedangkan dalam 3 tahun adalah 15.6%. Walaupun ASUS berada di Peringkat 3 sebagai Top Vendor Dunia, namun tampaknya ASUS tidak akan kalah dalam hal kualitas daya tahan. Produk ASUS sendiri yang paling terkenal adalah ROG (Republic of Gamers) sebagai salah satu prasyarat Gaming Computer.
Quote:

2. Toshiba


Toshiba tentunya sangat populer dengan tingkat keawetannya, dan juga harganya. Banyak yang beranggapan harga Toshiba sesuai dengan kualitasnya. Toshiba berada di peringkat kedua dengan persentase dibawah 10% dalam 2 tahun, dan 15.7% dalam 3 tahun. Perbedaan tipis dengan ASUS sebesar 0.01% tampaknya memang sudah membuktikan kalau Toshiba memang dirancang untuk tahan lama.
Quote:
3. SONY

SONY cukup terkenal dengan salah satu produk laptopnya, yaitu VAIO. SONY menempati urutan ketiga dalam persentase tingkat kerusakan laptop. Dalam uji coba 2 tahun, SONY mendapatkan persentase diatas 10%, sedangkan dalam 3 tahun, persentasenya naik menjadi 16.8%. Walaupun tidak terpaut tipis dari ASUS dan Toshiba, SONY bisa dikatakan salah satu laptop terawet yang pernah ada
Quote:
4. Apple

Apple terkenal dengan sistem operasinya sendiri, yaitu Macintosh, serta merk laptopnya sendiri. Uji coba yang dilakukan pada merk ini menghasilkan persentase diatas 10% pada 2 tahun dan 17.4% dalam jangka waktu 3 tahun. Hal ini membuktikan bahwa Laptop Apple masih dapat dikatakan awet bagi penggunaan sistem operasi selain Windows
Quote:

5. DELL


DELL sepertinya lebih terkenal dengan salah satu produk gaming-nya, yaitu Alienware, suatu laptop yang benar-benar menawarkan performa gaming layaknya barang yang berasal dari luar bumi. Tinkat kerusakan DELL dalam 2 tahun adalah diatas 10%, sedangkan dalam 3 tahun, sudah mencapai 18.3%. Sepertinya, inilah Laptop yang paling menengah dalam tingkat kerusakannya.
Quote:
6. Lenovo

Nama besar IBM masih saja membayangi produk ini. IBM yang sudah berubah menjadi Lenovo tentu saja harus menyamakan kualitasnya dengan produk terdahulunya. Walaupun begitu, persentase kerusakan 2 tahun sebesar sekitar 12.5% dan persentase 3 tahun sebesar 21.5% agaknya menjadikan Lenovo kurang begitu meyakinkan.
Quote:
7. ACER

ACER merupakan laptop yang setidaknya paling umum digunakan dalam kalangan konsumen. Selain harganya yang relatif murah, ACER juga menawarkan perangkat yang lengkap. Namun sayangnya, ACER tidak terlalu bagus dalam hal awet karena persentase kerusakannya adalah hampir 15% dalam jangka waktu 2 tahun saja. Sementara itu, persentasenya akan meningkat menjadi 23.3% dalam waktu 3 tahun. Walaupun begitu, ACER mendapat gelar peringkat ke-2 dalam Top Vendor Dunia.
Quote:
8. Gateway

Gateway merupakan salah satu vendor laptop dengan tingkat kerusakan yang hampir buruk dalam uji coba kali ini. Dalam 2 tahun, persentasenya hampir 15%, namun dalam 3 tahun akan naik menjadi 23.5%. Tingkat kerusakannya mungkin hampir sama dengan ACER
Quote:
9. HP

HP merupakan Top Vendor Pertama di dunia, namun sangat disayangkan bahwa HP mendapat predikat laptop yang paling mudah rusak dalam uji coba kali ini. Persentase kerusakan HP adalah diatas 15% dalam 2 tahun, sedangkan persentase kerusakan dalam 3 tahun adalah 25.6%. Tampaknya HP harus bergegas memperbarui komponennya agar tidak cepat mudah rusak.

Quote:
Hasil ini berdasarkan penelitian dan uji coba yang dilakukan oleh Square Trade, sebuah penyedia jaminan garansi untuk barang elektronik di Amerika, yang telah menguji coba 9 merk laptop ternama di dunia dengan masing-masing 1000 laptop per merknya. Masing-masing laptop diuji daya tahannya dengan variabel waktu per 2 tahun dan 3 tahun. Inilah kesimpulannya :
EXTREME TEST Untuk Laptop Yang Paling Awet ::::

Quote:
1 . ASUS
ASUS menguji coba beberapa Laptop dan Notebook-nya dengan serangkaian test yang tidak biasa, alias Extreme Testing. Berikut testing-nya:

ASUS Extreme Testing:

a. Twist Test (Pemelintiran)
Pengetesan dimana Laptop atau Notebook dibuka dengan satu tangan di bagian tepinya. Karena biasanya orang membuka dengan 2 tangan pada masing-masing bagian tepi, Laptop atau Notebook dapat terbuka dengan aman. Namun, jika hanya dibuka pada satu sisinya, ada kemungkinan sisi satunya akan tetap tertutup, ikut terbuka, atau bisa saja patah.
b. Shock Test (Goncangan)
Pengetesan dimana Laptop atau Notebook diguncang-guncang ke berbagai arah. Hal ini bisa saja terjadi kalau Laptop atau Notebook dibawa dalam tas yang lebar tanpa penjepit sehingga saat mengendarai kendaraan, Laptop atau Notebook terlempar ke berbagai arah dalam tas.
c. Vibration Test (Getaran)
Pengetesan dimana Laptop atau Notebook digetarkan terus-menerus. Hal ini bisa terjadi saat membawa Laptop atau Notebook dalam keadaan sedang mengendarai kendaraan.
d. Hinge Test (Engsel)
Pengetesan dimana Laptop atau Notebook ditutup dan dibuka kembali sebanyak 20.000 kali. Hal ini untuk menjamin engsel pada Laptop atau Notebook tidak patah.
e. Drop Test (Jatuh)
Pengetesan dimana Laptop ata Notebook dijatuhkan dari ketinggian tertentu. Ini untuk memastikan kalau Laptop atau Notebook masih tetap menyala meskipun telah jatuh.
f. Pressure Test (Tekanan)
Pengetesan dimana Laptop atau Notebook ditindih dengan barang berat. Hal ini untuk memastikan LCD didalamnya tidak rusak.

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7900192
Labels: Info

Thanks for reading Inilah 9 Merek Laptop Yang Paling Awet. Please share...!

20 komentar on Inilah 9 Merek Laptop Yang Paling Awet

  1. kl test dilakukan di indonesia pasti beda, tergantung pabrikan ngasih kwalitas kw brapa untuk indonesia, pertanggal 14 sep 2012. menurut saya asus paling sering masuk ugd, murah tp fitur ekstra itulah asus.

    grade pertama laptop markotop menurut saya lenovo, lalu disusul, compac, dan hp. gak terlalu mahal kualitas oke*. *dilihat dari wilayah surabaya

    ReplyDelete
  2. bohong artikel ini gk bener asus sama acer cuma beda tipis doank ,cepet panass , cepet rusak ,harga menentukan qualitas bro
    kalau ane lebih terjamin sony vaio ,toshiba ,lenovo ,DEll,
    sony vaio terkenal dgn Qualitas nya yg baik dan unggul,dan komponen2 yg termahal maka itu sangatlah terjamin ke aslianya, qualitasnya dan kenyamananya

    ReplyDelete
  3. mungkin buakn hoax, tapi kurang tepat informasinya perbandingan antara prasar global sama pasar lokal.,

    ReplyDelete
  4. Manteeeep sob untuk artikelnya, sangat membantu :)
    http://pengobatanalamimustajab.com/

    ReplyDelete
  5. Ntahlah... w ja bingung juga lama2..
    tp, menurut hemat sya ya, itu semua tergantung pd pemakainya saja.
    pintar2 jaga barang aja, biar ttp awet.. 😉

    ReplyDelete
  6. semua tergantung customer.
    klo bisa jaga barang, ya tetep awet n panjang umur brg tersebut. itu aja seh menurut w.

    ReplyDelete
  7. semua tergantung customer.
    klo bisa jaga barang, ya tetep awet n panjang umur brg tersebut. itu aja seh menurut w.

    ReplyDelete
  8. Asus emang lebih awet dari hp... Itu sudah terbukti

    ReplyDelete
  9. Laptop ku lenovo lebih awet, soalnya gua pake udah 6 tahun

    ReplyDelete
  10. Laptop ku lenovo lebih awet, soalnya gua pake udah 6 tahun

    ReplyDelete
  11. Laptop ku lenovo lebih awet, soalnya gua pake udah 6 tahun

    ReplyDelete
  12. Lempar test dan banting test biasa dilakukan dirumah tangga umumnya pada saat bulan tua..

    ReplyDelete
  13. aq dr th 2009 pke acer.. aman aja insha Allah sampai sekarang..

    ReplyDelete
  14. Yes, betul gan .. saya pake axioo neon (rakitan indonesia) sudah 5 tahun sekarang masih baik-baik saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayboard nya ini yang error. Ga berfungsi semua 😧😢

      Delete
  15. Hp sudah 7 tahun..hanya batre yg soak

    ReplyDelete
  16. Laptop HP ane sejak 2009 masih pnjang umur wlau layar bergaris garis

    ReplyDelete

Tanggapan Anda Gimana?

Back To Top