Jelajah Pantai Selatan Garut

Gunung Geder, Manalusu, Cikandang, Karang Tepas



Wilayah selatan Garut merupakan dataran rendah yang memiliki garis pantai yang cukup panjang dan berbatasan dengan Samudera Indonesia. Wilayah ini menyimpan segudang keindahan alam yang sangat menakjubkan namun sebagian besar dari keindahan tersebut belum di ketahui banyak orang.

Kita mungkin sudah mengenal indah nya pantai di Pameungpeuk atau Rancabuaya yang saat ini menjadi primadona tujuan wisata di selatan Garut, tetapi apakah anda pernah mendengar mengenai Pantai Taman Manalusu, Karang Tepas atau Sodong Parat ? Saya yakin banyak dari anda masih asing dengan nama-nama tersebut, sebagian tempat-tempat tersebut memang masih tersembunyi di balik bukit atau ladang, jangan kan papan petunjuk, jalan setapak pun kadang sulit ditemukan.

Sudah lama saya ingin berbagi mengenai keindahan Pantai Selatan Garut, karena kebetulan daerah ini merupakan kampung halaman saya. Desember 2010 yang lalu saya berkesempatan untuk menjelajah kembali Pantai Selatan Garut dari mulai Cikelet di sebelah timur hingga Rancabuaya di sebelah barat. Ingin tahu lebih jauh mengenai Pantai Selatan Garut? Mari ikuti jejak dan arah petualangan saya.

Pantai Gunung Geder

Pemberhentian pertama saya adalah di Pantai Gunung Geder. Pesona di pantai ini adalah pasir putih dan lanscape pantai-nya yang lurus landai.

Spoiler for View dari saung:


Spoiler for Jalan menuju bibir pantai:


Sejumlah fasilitas sudah tersedia di tempat ini namun masih kosong dan sepi. Ketika memasuki bibir pantai nampak belum terawat dengan baik, banyak ranting yang terbawa ombak berserakan disana-sini mungkin akan lebih baik jika sampah ini dibersihkan.
Kesan yang saya rasakan untuk pantai ini adalah pantai yang asli seperti belum terjamah oleh manusia.

Spoiler for Ranting-ranting yang terbawa ombak:


Spoiler for Pantai Gunung Geder:


Pantai Taman Manalusu

Perjalanan dilanjutkan ke arah barat melalui jalan raya lintas selatan menuju Pantai Taman Manalusu. Namanya terdengar asing tidak seperti nama-nama pantai lain di daerah Garut yang biasanya terdengar sunda, konon nama ini diambil dari nama Karl Manalusu Tambunan yang menemukan pantai ini dan membuatnya menjadi taman pantai.

Spoiler for Pantai Taman Manalusu:


Selain panorama alam nya, pantai ini memiliki bunga karang dan rumput laut yang tumbuh di sepanjang bibir pantai pada kedalaman tertentu sehingga di sebutlah sebagai taman pantai.

Tidak hanya bunga karang dan rumput laut saja, Pantai Taman Manalusu juga kaya dengan ikan hias. Ikan hias ini tidak perlu di cari jauh sampai ke tengah laut, ikan-ikan ini ada di sela-sela karang yang terhampar sepanjang pantai. Ikan-ikan ini terbawa gelombang pasang dan terjebak di karang-karang ketika air laut menyusut.

Spoiler for hamparan batu dan karang:

Spoiler for bersih dan jernih:

Spoiler for ikan hias biasanya ada dalam sela-sela batu ini:


Suasana di Pantai Taman Manalusu terasa sejuk karena banyak terdapat pepohonan yang rindang. Disini juga banyak rumah-rumah penduduk sehingga tidak terlalu sepi seperti di Pantai Gunung Geder.
Spoiler for Bermain bola di sisi pantai dan pohon rindang:


Sungai Cikandang

Sungai Cikandang merupakan salah satu sungai yang cukup besar, melintasi nya dalam perjalanan menuju Karang Tepas dari Pantai Taman Manalusu. Sungai ini beberapa kali telah digunakan untuk ber-arung jeram, uniknya arung jeram Sungai Cikandang adalah kita bisa terus mengayuh hingga bibir pantai.
Spoiler for Jembatan Cikandang:

Spoiler for view ke arah utara:


Karang Tepas

Tujuan selanjutnya adalah Karang Tepas, tempat ini hanya bisa diakses melalui jalan setapak, beberapa kali bertanya kepada warga sekitar karena tidak ada petunjuk arah dari jalan utama.
Spoiler for jalan menuju karang tepas:


Karang Tepas sungguh menakjubkan, serasa sedang berada di depan geladak kapal yang sedang menerjang ombak. Tepas dalam bahasa sunda berarti teras depan rumah dan memang Karang Tepas seperti teras yang menghadap lautan lepas. Sebagian warga sekitar sering menggunakan tempat ini sebagai tempat untuk memancing ikan
Spoiler for view dari atas:

Spoiler for view dari jalan masuk:

Spoiler for view samping kiri:

Spoiler for view samping kanan:

Spoiler for view belakang:

Spoiler for view samping kiri belakang:

Spoiler for Karang Tepas:


LANJUT!! ke Jelajah Pantai Selatan Garut (2)

Jelajah Pantai Selatan Garut (2) : Karang Sebrotan, Sodong Parat, Cicalobak
Spoiler for sunset di pantai cicalobak:

Setelah Karang Tepas perjalanan dilanjutkan menuju Karang Sebrotan.

Karang Sebrotan

Disebelah barat Karang Tepas terdapat sebuah karang lagi yang oleh warga setempat di sebut Karang Sebrotan, nama Karang Sebrotan di ambil karena ombak yang menghantam karang ini seperti menyemprot ke atas karang.
Spoiler for karang sebrotan:

Spoiler for karang tepas dilihat dari kejauhan:

Spoiler for anak-anak memancing ikan:

Spoiler for tempat bermain anak-anak yang ekstrim:

Spoiler for rumah burung walet:


Sodong Parat

Dari Karang Sebrotan ke arah barat kita akan melihat satu objek lagi yaitu Sodong Parat. Objek ini merupakan sebuah karang besar dan di bawahnya terdapat lubang yang tembus dari sisi satu ke sisi lainnya atau dalam bahasa sunda biasa di sebut parat.
Spoiler for view Sodong Parat dari Karang Sebrotan:

Spoiler for sodong parat ada di bawah sini:

Spoiler for jalan turun ke sodong parat:

Spoiler for seperti kepala hewan:

Spoiler for sodong parat dari sisi barat:

Spoiler for sodong parat dari sisi timur:

Spoiler for hmmm:

Spoiler for jalan kembali:


Pantai Cicalobak

Pantai Cicalobak adalah best spot dalam trip saya kali ini, saya mendapatkan moment view yang sangat indah dari mulai terang, mendung, hujan hingga sunset benar-benar luar biasa, lokasi nya tidak jauh dari Sodong Parat dan berada tepat di samping jalan raya lintas selatan menuju Rancabuaya dari arah Cijayana.

Spoiler for pantai cicalobak:

Spoiler for pantai cicalobak 2:

Spoiler for pantai cicalobak 3:


Pantai Cicalobak merupakan teluk kecil dengan batu karang di samping kiri kanan nya, karena menjorok ke darat ombak lautnya tidak terlalu besar dan air nya pun dangkal sehingga relatif aman untuk berenang.

Spoiler for pantai cicalobak 4:

Spoiler for pantai cicalobak 5:

Spoiler for garis awan mendung:


... bersambung ke Jelajah Pantai Selatan Garut (3)...

Jelajah Pantai Selatan Garut (3) : Puncak Guha, Rancabuaya, Cidora

lanjutan dari Jelajah Pantai Selatan Garut (3)
Spoiler for berat sama dipikul ringan sama di jinjing (Rancabuaya) :


Puncak Guha

Dari Pantai Cicalobak perjalanan dilanjutkan ke Puncak Guha, belum afdol jika anda berwisata ke Pantai Selatan Garut tanpa mengunjungi tempat ini.
Spoiler for puncak guha ke arah barat:

Spoiler for view puncak guha ke arah timur:

Spoiler for lokasi yang tepat untuk melihat sunrise/sunset:


Puncak Guha merupakan sebuah bukit yang berada tepat di bibir pantai dan di bawah nya terdapat goa. Di goa ini terdapat banyak sekali lalay (kelelawar) dan anda bisa melihatnya dari atas karena terdapat sebuah lubang seperti sumur yang menyambung dengan goa di bawah bukit ini.

Spoiler for mendekati goa lalay:

Spoiler for air lau akan terlihat ketika pasang:


Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya merupakan tujuan utama dari sebagian besar wisatawan yang berwisata ke Pantai Selatan Garut, selain keindahannya pantai ini juga sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap dari mulai penginapan hingga rumah makan berjajar di sepanjang sisi pantai, anda juga bisa membeli ikan di sini karena terdapat pelabuhan kecil yang cukup ramai.

Spoiler for perempatan menuju rancabuaya:

Spoiler for hamparan batu karang rancabuaya:

Spoiler for pantai rancabauay:

Spoiler for macam-macam ikan:


Pantai Cidora

Tidak jauh dari Pantai Rancabuaya ada sebuah turunan ke kanan sebelum memasuki Pantai Rancabuaya, anda bisa berjalan kaki dari Pelabuhan Rancabuaya karena masih satu area tapi masyarakat sekitar menyebutnya Cidora. Jika anda lebih senang dengan suasana yang tidak terlalu ramai maka Cidora cocok untuk anda.

Spoiler for pantai cidora (sayang sedang mendung):

Spoiler for menangkap ikan di pantai cidora:


Pantai Cidora merupakan akhir dari penelusuran saya kali ini. Seluruh perjalanan dalam Jelajah Pantai Selatan Garut dari mulai bagian 1 hingga 3 saya lakukan dalam 1 hari penuh dengan menggunakan motor dan kadang berjalan kaki, tak henti-hentinya saya di buat takjub oleh keindahan yang saya temui dari satu tempat ke tempat lainnya. Kapan-kapan anda harus mencoba nya!

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10684167