-->

Khasiat Rumput Laut Si Pengganti Garam

Satu penelitian menyebutkan tekanan darah tinggi, stroke dan kematian dini kini dapat dicegah dengan mengganti garam dengan butiran rumput laut.Penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Universitas Sheffield Hallam, Inggris ini meneliti butiran rumput laut yang ditemukan di lepas pantai Inggris dan Norwegia.Mereka mendapatkan butiran rumput laut atau granul secara terbukti lebih sehat dan memiliki tingkat natrium lebih rendah hanya sekitar 3,5 persen dibandingkan dengan garam yang biasa dipakai dalam industri makanan yang bisa mengandung natrium hingga 40 persen.

Mengganti garam dengan rumput laut pun didukung oleh beberapa yayasan kesehatan di Inggris, salah satunya Dr Craig Rose dari Seaweed Health Foundation. "Rasanya enak, dan kuat bila dicampur dengan makanan. Manfaatnya pun jelas".Meskipun dinilai dapat membantu mengurangi penyakit tekanan darah tinggi, hingga jantung.

Namun masih banyak yang menilai penelitian ini kurang relevan.Seperti hasil analisis dari Review Cochrane, yang menunjukkan data dari tujuh penelitian pada hampir 6.500 orang yang hasilnya memperlihatkan tidak ada manfaat yang jelas atas pengalihan garam ke rumput laut. Mereka bahkan menyarankan agar masyarakat lebih mengikuti aturan diet garam saja, bukan menggantinya.Konsumsi garam harian maksimum yang direkomendasikan bagi manusia usia 11 tahun ke atas adalah 6g sehari. Para ahli mengklaim bahwa jika jumlah ini dapat dipangkas sedikit kasus tekanan darah tinggi dan serangan jantung pun akan terpangkas 70.000 setiap tahun.

http://id.berita.yahoo.com/rumput-laut-pengganti-garam-hindarkan-hipertensi-083626733.html
Labels: Info, Manfaat

Thanks for reading Khasiat Rumput Laut Si Pengganti Garam. Please share...!

0 Komentar untuk "Khasiat Rumput Laut Si Pengganti Garam"

Tanggapan Anda Gimana?

Back To Top