Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil

Posisi tidur yang disarankan untuk ibu hamil adalah posisi miring, baik miring ke kiri maupun ke kanan. Tetapi, diantara keduanya, yang paling baik adalah miring ke kiri. Posisi miring kiri mempunyai banyak keuntungan. Posisi ini akan memperlancar aliran darah yang membawa nutrisi ke plasenta, sehingga janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, posisi miring kiri akan membantu ginjal bekerja lebih efektif menyaring sampah metabolisme dan mengeluarkan cairan. Dampaknya, bengkak pada kaki dan tangan yang sering timbul pada ibu hamil akan berkurang.

Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil - www.iniunik.web.id

Walaupun demikian, mungkin tidak nyaman bagi ibu jika harus terus menerus berbaring ke sisi kiri. Oleh karena itu, boleh-boleh saja berganti-ganti posisi, miring kiri dan miring kanan. Tetapi hendaknya, tetap lebih dominan ke sisi kiri.

Bagaimana Dengan Tidur Terlentang ?

Sangat tidak dianjurkan. Saat terlentang, kandungan akan menekan pembuluh darah utama dan juga usus. Demikian pula dengan tulang belakang dan otot pinggang.

Penekanan pada pembuluh darah utama akan mengurangi aliran darah ke janin. Akibatnya, pertumbuhan janin terganggu dan pada beberapa kasus, janin dapat mengalami kematian (stillbirth). Selain itu, tidak lancarnya aliran darah dapat mencetuskan ambeien atau hemoroid.

Sedangkan penekanan pada tulang belakang dan otot pinggang dapat menimbulkan nyeri dan tidak nyaman pada punggung dan pinggang.

Demikian, semoga bermanfaat.

1 komentar:

deksa vitri said...

apakah ini berlaku untuk hamil muda??? 1-3 bln?? teman saya bilang tdk boleh miring tdurnya lw masih hamil muda.

Post a Comment

Tanggapan Anda Gimana?