sejarah simulasi penerbangan ( flight simulator )

sejarah simulasi penerbangan ( flight simulator )
=======================================

=======================================
Quote:
SEJARAH SIMULASI PENERBANGAN






Quote:
Simulasi penerbangan (bahasa Inggris: flight simulator) adalah sebuah sistem untuk mewujudkan gambaran penerbangan sebuah pesawat terbang yang mendekati kenyataan yang sebenar-benarnya. Perbedaan tipe sebuah simulasi penerbangan dalam permainan komputer adalah ukuran dari kokpit dan dalam akurasi dari citra yang diolah oleh suatu keadaan dari seni teknologi komputer.

Simulasi penerbangan sering digunakan oleh industri penerbangan dan militer untuk melatih pilot, simulasi bencana dan pengembangan sebuah pesawat.
Flight Simulator berhasil menyelamatkan ribuan nyawa penerbang. Penciptanya baru diberi penghargaan setelah 22 tahun meninggal.


Spoiler for SEJARAH MUST READ:

National Inventors Hall of Fame (NIHF) pada tanggal 11 Februari 2003 memberikan penghargaan kepada Edwun A Link, Jr. Ia adalah penemu flight simulator dan flight trainer. Saat diberi penghargaan, Edwin A. Link Jr sudah tiada. Ia wafat 22 tahun lampau. Tahun 2003 itu karya Edwin jr dianggap sebagai salah satu milestone dalam sejarah penerbangan dunia. Ribuan nyawa penerbang telah diselamatkan oleh si pilot saver temuannya tersebut.

Selain itu, penggunaan simulator juga telah berhasil menekan biaya latihan sekecil-kecilnya dibandingkan menggunakan pesawat sesungguhnya. Kebutuhan operasional simulator hanyalah suplai arus listrik yang stabil. Sementara pesawat terbang butuh bahan bakar dan biaya lainnya
Spoiler for profil Edwin Link:
Dilahirkan tahun 1904 di Huntington, Indiana, USA. Anak bungsu pasangan Edwin Link Sr dan Katherine Martin, menikah dengan Marion Clayton reporter majalah Binghamtom. memiliki dua anak laki laki William Martin dan Edwin Clayton.

Selama tahun 1920 an dia bekerja di perusahaan pembuatan organ Link Piano dan Organ Company di Binghamton. Kemudian belajar menerbangkan pesawat terbang dan mendapatkan 'pilot license' tahun 1927. Pada Tahun 1928 membangun pilot Trainer yang kini disebut simulator. Dalam waktu singkat dia membuat berbagai macam simulator untuk berbagai tipe pesawat baik sipil maupun militer. Edward Link mengantongi tiga hak paten atas trainer ciptaannya yakni Paten No 1.825.462 (12 maret 1920), No 2.244.464 (3 Juni 1941), dan Paten No 2.358.016 (12 September 1944). Selain membuat simulator, juga membuat alat penyelam untuk eksplorasi laut dalam sekalipun mengorbankan anak bungsunya Edwin Clayton saat mengoperasikan kapal ciptaannya.

Edwind A Link Jr tidak pernah lulus sekolah menegah. Tetapi karena ciptaanya dia mendapatkan lima gelar sarjana honoris causa dari beberapa perguruan tinggi. Kemudian berbagai penghargaan dari berbagai organisasi seperti Smithsonian Institution, Royal Aeronautical Society of London dan Philadelphia's Franklin Institute.

Quote:

Teknik simulasi penerbangan juga digunakan dalam industri luar angkasa sebagai acuan untuk beberapa pekerjaan seperti :
1. pengembangan, pengujian, dan verifikasi sebuah perangkat keras dalam industri ini
2. untuk pengujian dan pengembagan dari perangkat lunak pesawat
3. sebagai pengembangan tampilan baru cokpit untuk meningkatkan kewaspadaan awak pesawat

Spoiler for sejarah simulasi penerbangan pada perang dunia:


simulasi pertama di dunia yaitu pada tahun 1915
Quote:
Pada perang dunia ke-I dibutuhkan alat untuk menguji aptitude bagi para calon pilot, maka pada tahun 1915 alat seperti ini dibuat untuk menguji kecepatan reaksi terhadap'gangguan' yang diberikan penguji yang digerakkan langsung dengan tangan dan terdapat alat perekam gerakan untuk mencatat kecepatan reaksi para kandidat pilot.


=========================================

Kemudian perkembangan selanjutnya pada tahun 1927 dengan alat setipe mesin Antoinette menggunakan penggerak elektrik dan mekanik yang terhubung dengan konsol pelatih. Tujuan dari alat ini adalah untuk memutar pesawat pada 'attitude' sesuai dengan respon input dari pilot. Dan pelatih bisa membari efek turbulance/rough air dan memberikan 'problem' pada flight control untuk menguji kecepatan reaksi pilot.
Yang paling sukses dan terkenal pada masa itu adalah LINK TRINER [gambar dibawah] yang dibuat pada tahun 1927.
Quote:

=========================================

Kemudian setelah dirasakan kegunaan akan terbang instrumen, maka mulailah bermunculan alat-alat 'instrument flight trainer' baru yang makin lengkap instrumennya. Kemudian muncul alat 'course plotter' yang dapat mencatat pergerakan pesawat pada sebuah 'chart'.
Dan pada perang dunia ke-II kebutuhan akan simulator ini dirasakan makin penting, baik untuk sang pilot juga untuk para navigator.
Celestial Navigation Trainer pertama [gambar di bawah] dibuat tahun 1941, digunakan untuk berlatih navigasi menggunakan acuan bintang.
Quote:

=========================================

Kemajuan besar dalam dunia simulasi pada masa perang dunia ke-II adalah penggunaan Analog Computer atau Differential Analyser [elektronik] yang memungkinkan simulasi berupa respon pesawat terhadap gaya aerodinamik.
Kemudian tahun 1945 simulator yang lebih canggih dibuat. Teknologi selanjutnya adalah ditemukannya teknologi komputasi A.C. dengan frekuensi 50 Hz, dan kemudian 400Hz.
Spoiler for NB:
Pada tahun 1941 Simulator Elektronik pertama kali dibuat berdasarkan ide F.C. Williams menggunakan metode komputasi D.C. [direct curent] untuk mensimulasikan aerodinamik sederhana sebuah pesawat tempur.

Quote:

=========================================

Kemudian tibalah era Simulator Digital, pada tahun 1960 pertama dibuat komputer untuk menghitung dinamika pesawat bernama UDOFT (Universal Digital Operational Flight Trainer). Kemudian dibuat komputer bernama Link Mark I untuk simulator ‘real-time’, menggunakan 3 ‘parallel processor’ untuk komputasi aritmatik, ‘function generation’, dan seleksi radio station. Kemudian muncul ‘visual-system’ yang diawali dengan teknologi ‘point-light source projection’ diawal tahun1960-an. Penggunaan ‘Visual system’ berwarna pertama kali oleh Redifon pada tahun 1962. Semenjak itu pengembangan simulator diutamakan pada penyempurnaan tampilan gambar.

Komputer pertama yang dapat menghasilkan gambar dibuat oleh General Electric Company dengan menggunakan sistim ‘patterned ground-plane image’. Kemudian sistim selanjutnya menggunakan objek 3-dimensi. Dan perkembangan grafik 3-dimensi selanjutnya sangat dekat dengan perkembangan perangkat keras komputer yang ada hingga saat ini.
Quote:


Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10458125

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan Anda Gimana?