Wow! NASA Bikin Taksi Luar Angkasa

Wow! NASA Bikin Taksi Luar Angkasa

Badan antariksa Amerika Serikat, NASA, mengatakan siap mengembangkan dua proyek yang berkaitan dengan rencana mereka untuk mengembangkan taksi luar angkasa.

Proyek taksi luar angkasa ini diharapkan dapat diluncurkan paling lambat tahun 2016, ini diharapkan dapat membantu menjadi alat transportasi bagi awak astronot untuk memasuki orbit. Propoasal ini sendiri telah dikirimkan ke NASA dan telah disetujui.

Draft kerangka kontrak dengan tujuan menyelesaikan desain untuk sistem akan dilakukan pada tahun 2014, namun sudah dirilis oleh Badan Antariksa pekan ini.

"Permintaan untuk proposal membuktikan komitmen NASA untuk melakukan outsourcing transportasi stasiun ruang angkasa sehingga NASA dapat memfokuskan energi dan sumber daya pada eksplorasi ruang angkasa," ungkap Administrator Charles Bolden, Rabu (28/9).

SpaceX California, salah satu dari empat perusahaan yang menggelontorkan dana USD 270 juta, dalam pendanaan NASA untuk memajukan desain pesawat ruang angkasa untuk terbang membawa orang dari Stasiun Luar Angkasa Internasional, mengatakan akan meninjau bahasa konsep.

Blue Origin, The Boeing Co. and Sierra Nevada Corp. Space Systems adalah perusahaan lain yang terlibat.

"Dari sudut pandang teknis (perusahaan) yang berjalan dengan baik, tapi ada kekhawatiran tentang pendanaan baik masa depan dan bagaimana kontrak itu akan terstruktur dalam tahap berikutnya," kata Jeff Foust, seorang analis industri dengan Futron Corp. (*/ipk)

Sumber

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan Anda Gimana?