5 Gadget Apple yang 'Mengubah Dunia'


Jakarta - Sang pendiri Apple, Steve Jobs telah tiada. Namun sosok kreatif dan jenius ini meninggalkan warisan melalui penemuan revolusionernya. Berikut 5 produk Apple yang telah mengubah wajah industri teknologi, musik dan penerbitan.

1. iPod

Oktober 2001, wajah industri musik berubah dengan diluncurkannya gadget seukuran telapak tangan bernama iPod. Perangkat musik portable berbentuk kotak tersebut memiliki central-scroll-wheel bulat dan layar kecil untuk memilih lagu.

Untuk pertamakalinya, lagu bisa dimasukkan langsung ke perangkat tersebut dari sebuah komputer. Belum pernah ada pemutar musik digital sebelumnya. iPod pun tampil sebagai produk baru yang fresh dengan penggunaan yang tidak ribet. Produk ini menempatkan Apple sebagai pemain dengan kelas tersendiri di antara perangkat musik lainnya.

iPod pertama dengan pilihan kapasitas 5GB dan 10GB sanggup menyimpan 1.000 lagu. Generasi kedua iPod diluncurkan pada 2002 dengan touch-sensitive scroll wheel. Sepanjang 2002, 600 ribu unit iPod laris terjual dan di akhir 2003 mencapai angka penjualan 2 juta unit.

Apple sukses menjual 100 juta unit iPod pada April 2007, membuatnya sebagai perangkat musik dengan penjualan tercepat dalam sejarah. Sampai saat ini ada beragam versi iPod yang sudah dirilis Apple, antara lain nano, shuffle dan touch. Lebih dari 275 juta unit iPod telah terjual di seluruh dunia.

2. iTunes

Pada April 2003, hampir berbarengan dengan dirilisnya iPod generasi ketiga, Apple meluncurkan toko musik online iTunes yang menyediakan sekitar 200 ribu lagu.

Sebelum kemunculan iTunes, seperti dikutip detikINET dari Telegraph, Jumat (7/10/2011) para eksekutif di industri musik gagal meyakinkan kesuksesan pasar musik online. Namun saat ide ini dikawinkan dengan kesuksesan iPod, Steve Jobs membuktikan bahwa ini adalah pasar yang sangat bernilai untuk dieksplorasi.

iTunes langsung mencetak kesuksesan dengan menjual satu juta lagu dalam minggu pertama perilisannya. Angka unduhan lagu di iTunes pun terus melesat. Pada 2010, unduh lagu di iTunes mencapai angka yang sangat fantastis, 10 miliar!

Dalam perkembangannya, iTunes beberapa kali mengalami pembaruan. Yang paling signifikan adalah diperkenalkannya layanan beli dan sewa film pada tahun 2008. Apple juga baru saja mengumumkan bahwa iTunes kini dapat diakses di semua perangkat sebagai bagian dari langkah beralih ke cloud.

3. iPhone

iPhone pertama diluncurkan pada Januari 2007. Gadget ini langsung melambungkan nama Apple di antara rivalnya yang membesut smartphone dengan fitur multi-touch screen. Setahun kemudian, iPhone 3G dirilis dan toko aplikasi Apple AppStore pun diluncurkan.

Juli 2011, unduhan aplikasi di AppStore Apple mencapai 15 miliar. Sementara iPhone tercatat hingga kini telah berhasil terjual hingga 125 juta unit di seluruh dunia.

Sehari sebelum Steve Jobs tutup usia, yakni pada Selasa pekan ini, Apple baru saja meluncurkan iPhone 4S dengan tambahan fitur voice-control bernama Siri. Lagi-lagi, Apple menjanjikan fitur tersebut akan merevolusi cara orang menggunakan ponsel.

4. Mac

Di depan ribuan delegasi yang kala itu sempat menertawakan dan meragukan idenya, Jobs memperkenalkan komputer Macintosh -- selanjutnya dikenal dengan sebutan Mac -- pertama pada Januari 1984. Perangkat ini mulanya berwujud kotak putih kecil di dalam sebuah tas dan dalam perkembangannya, terus berevolusi hingga menjadi mesin tipis yang kita temui sekarang.

Setahun setelah memperkenalkan komputer Mac pertama, Jobs kembali membuat kejutan dengan penemuannya yang disebut mouse. Komputer Mac sendiri terus berkembang menjadi dua jenis komputer Apple, yakni iMac dan MacBook. Kini ada hampir 60 juta pengguna Mac di seluruh dunia.

5. iPad

Ini dia gadget yang tengah populer saat ini. iPad, yang disebut-sebut sebagai hasil hybrid antara Mac dan iPhone, dirilis pertamakalinya pada 2010. Kendati relatif masih dalam tahap pertumbuhan, iPad telah menuai sukses.

iPad begitu kuat menonjolkan kehadirannya dalam pasar di mana komputer tablet lainnya masih tampak ragu-ragu. Vendor lain boleh dibilang menghabiskan banyak waktu mereka untuk mencari cara agar bisa mengalahkan produk Apple termasuk iPad di pasaran.

Perangkat ini pun segera berfungsi juga sebagai buku digital. Banyak penerbitan surat kabar dan majalah membuat aplikasi yang memungkinkan pembaca menikmati konten mereka dalam versi digital. Banyak yang mengatakan, iPad perlahan mengubah industri penerbitan.

Hingga kini, sudah ada dua versi iPad yang diluncurkan. Sebanyak 28 juta unit telah laris manis terjual di seluruh dunia.

Sumber:http://surgaberita.blogspot.com/2011/10/5-gadget-apple-yang-mengubah-dunia.html

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan Anda Gimana?