Keunikan Pemandian Air Panas di Jepang

Quote:
Mata air panas atau sumber air panas adalah mata air yang dihasilkan akibat keluarnya air tanah dari kerak bumi setelah dipanaskan secara geotermal. Air yang keluar suhunya di atas 37 °C (suhu tubuh manusia), namun sebagian mata air panas mengeluarkan air bersuhu hingga di atas titik didih.[1] Di seluruh dunia terdapat mata air panas yang tidak terhitung jumlahnya, termasuk di dasar laut dan samudra.

Air panas lebih dapat mengencerkan padatan mineral, sehingga air dari mata air panas mengandung kadar mineral tinggi, seperti kalsium, litium, atau radium. Mandi berendam di dalam air panas bermineral dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berdasarkan alasan tersebut, orang membangun pemandian air panas dan spa untuk tujuan rekreasi dan pengobatan.
Quote:
Sumber Panas
Quote:
Air yang keluar dari mata air panas dipanaskan oleh geotermal (panas bumi). Semakin dalam letak batu-batuan di dalam perut bumi, semakin meningkat pula temperatur batu-batuan tersebut. Peningkatan temperatur batuan berbanding dengan kedalaman disebut gradien geotermal. Air merembes ke dalam kerak bumi, dan dipanaskan oleh permukaan batu yang panas. Air yang sudah dipanaskan keluar di mata air panas yang lokasinya jauh dari gunung berapi.

Di kawasan gunung berapi, air dipanaskan oleh magma hingga menjadi sangat panas. Air menjadi terlalu panas hingga membentuk tekanan uap, dan menyembur ke permukaan bumi sebagai geyser. Bila air hanya mencapai permukaan bumi dalam bentuk uap, maka disebut fumarol. Bila air tercampur dengan lumpur dan tanah liat, maka disebut kubangan lumpur panas
Quote:
Macam-macam mata air panas di dunia

Spoiler for Mata Air Panas Green Dragon di taman Nasional Yellow Stone:


Spoiler for geyser di kamisuwa,Prefektur Nagano:


Spoiler for Mata air delidartunguhver di Islandia:


Spoiler for Mata air panas di air terjun kamuiwakkayu,Jepang:


Spoiler for Mata air panas kalibacin,Banyumas,Indonesia :iloveindonesia:


Spoiler for buka:
Dan masih banyak lagi

Quote:
Onsen
Quote:
Onsen (温泉) adalah istilah bahasa Jepang untuk sumber air panas dan tempat mandi berendam dengan air panas yang keluar dari perut bumi. Penginapan yang memiliki tempat pemandian air panas disebut penginapan onsen (onsen yado). Kota wisata yang berkembang di sekeliling sumber air panas disebut kota onsen.

Sumber air panas memiliki dua sumber panas, magma yang berada di dasar gunung berapi, dan panas yang bukan dari gunung berapi. Jenis mineral yang dikandung air menyebabkan perbedaan warna air, bau, dan khasiat mandi dengan air panas tersebut.

Menurut definisi Undang-Undang Onsen Jepang, walaupun suhunya tidak tinggi, istilah onsen juga digunakan untuk air dari mata air dengan kandungan mineral yang berbeda dari air biasa, dan berasal dari sumber air yang mengeluarkan gas. Sumber air panas bisa berupa air tanah yang dipanaskan oleh panas bumi atau dipanaskan manusia dengan sumber panas. Air panas bisa keluar secara alami dari dalam tanah, atau keluar setelah dibor manusia.


Lokasi untuk sumber air panas bisa berada dekat gunung berapi atau jauh dari gunung berapi. Sumber air panas yang berlokasi jauh dari gunung berapi mendapat panas dari gradien geotermal (suhu air semakin tinggi bila sumur digali semakin dalam) atau sumber panas yang tidak diketahui. Onsen yang berada di kawasan rawa gambut seperti Tokachigawa Onsen, Hokkaido disebut moor onsen (moor dalam bahasa Jerman berarti rawa).
Quote:
Beppu Town in Japan
Quote:
Spoiler for beppu:
Quote:
kota Beppu adalah salah satu kota yang menjadi tujuan banyak turis di Jepang. Setiap tahunnya lebih dari 11 jutra pengunjung untuk menikmati pemandangan pantai. penduduk Beppu bangga memelihara sumber air panas (onsen) terbesar No.2 di dunia dan pemandangan alam yang paling mengagumkan dan arsitektur tradisional jepang.

Ppopulasi Mahasiswa internasional dan jumlah turis membuat kehidupan malam yang menarik dan banyaknya restaurannya. dengan berbagai macam masakan dan masyarakat yang internasional menjadikan beppu sebagai kota paling mendunia di Jepang. dengan kendaraan umum yang lengkap, Beppu dapat terhubung dari segala daerah dan akses yang sangat mudah menuju Fukuoka selain menggunakan kereta. highway bus, fery atau pesawat. dari APU ada kendaran yang langsung ke fukuoka airport dan kota fukuoka
Quote:
Dan ini adalah Onsen yang paling terkenal di Beppu dan mungkin di dunia
Spoiler for blood pond hot spring:
Serem ya gan itu adalah Blood Pond Hot Spring yang dianggap juga sebagai neraka di jepang karena itu adalah pemandian air panas yang gak bisa dipake buat mandi gan,saking panasnya.warna nya merah gitu lagi..jadi hanya untuk pemandangan mata kita aja
Quote:
Onsen Lain di Jepang

Spoiler for Onsen Luar ruang di prefektur Wakayama:


Spoiler for Onsen di Prefektur Akita:

Quote:
Sento
Spoiler for pembukaan:
Quote:
Nah ternyata selain pemandian yang langsung berasal dari mata air Gunung ada juga tempat pemandian yang sengaja dibuat oleh manusia untuk menambah penghasilan

Quote:
Sentō (銭湯?) adalah tempat pemandian air panas untuk umum di Jepang. Orang yang ingin mandi dipungut biaya masuk. Pria dan wanita mandi di kamar mandi terpisah. Satu bak mandi digunakan untuk mandi berendam bersama-sama oleh beberapa orang sekaligus.

Menurut Undang-Undang Pemandian Umum (Kōshū Yokujō-hō) Pasal 1, fasilitas pemandian umum boleh menggunakan air panas yang dididihkan sendiri, air bermineral dari mata air panas, air dari onsen, dan lain-lain. Menurut undang-undang lain[1], pengelola dapat menarik biaya mandi untuk pengguna jasa pemandian umum.
Quote:
Tata Letak Sento
Quote:

Sebagian besar sentō memiliki tata letak yang serupa dengan diagram di sebelah kanan. Di atas pintu masuk dipasang noren yang bertuliskan aksara hiragana ゆ atau kanji 湯 yang dibaca yu (air panas).
Bandai (tempat duduk penjaga)

Kamar mandi pria dan kamar mandi wanita dinyatakan secara jelas dengan papan petunjuk. Dalam diagram, kamar mandi pria di sebelah kiri dan kamar mandi wanita di sebelah kanan.

(1) Di bagian depan, di sebelah kanan dan kiri pintu sentō masuk sering terdapat taman berukuran mini.
(2) Di kiri dan kanan pintu masuk terdapat rak sepatu dan tempat payung untuk pengunjung.
(4) Orang yang ingin mandi disambut oleh penjaga yang duduk di panggung tinggi yang disebut bandai (tempat duduk penjaga). Letak bandai di tengah-tengah pintu masuk kamar ganti pria dan pintu masuk kamar ganti wanita. Setelah membayar biaya masuk, orang yang hendak mandi menanggalkan baju di ruang ganti (datsuiba).
(3) Rak baju untuk menyimpan baju pengunjung.
(5) Tempat tidur bayi (disediakan di kamar ganti wanita)
(6) Keran air panas dan air dingin, atau pancuran. Sebelum masuk ke dalam bak mandi, orang diharuskan mandi dan membersihkan diri lebih dulu dengan air dari keran.

Bak mandi dan lukisan Gunung Fuji di dinding.

(7) Bak untuk berendam air panas. Di dinding kadang-kadang dipasang papan petunjuk yang mengajarkan mandi cara Jepang dan larangan membersihkan badan di dalam bak mandi.
(8) Bahan bakar.
(9) Boiler.

Di ruang ganti biasanya tersedia otomat pengecer atau lemari es yang menjual minuman dingin atau kadang-kadang es krim.


Spoiler for Contoh Sento di Kyoto:
Quote:
Pantes aja ya Gan,orang-orang jepang Rata" sehat semua dan pintar" orang katanya mereka dalam seminggu paling nggak harus 2 kali ke pemandian air panas haha

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10808698

2 komentar:

edus said...

gwe mau tanya dong, kalau bak mandi air panas yang di rumah2 itu yang kalao gak salah pake kayu bakar manasinya itu gimana sistemnya ? gwe pengen nyoba di rumah gwe

Admin Gank-Zone said...

mantep dah sob kalau di jepang mah

Post a Comment

Tanggapan Anda Gimana?