Mengurangi Rasa Lelah Saat Berkendara

Selain keamanan, kenyaman saat berkendara adalah faktor lain yang harus dipikirkan oleh setiap penumpang mobil. Apalagi kalau jarak yang ditempuh cukup jauh dengan kondisi lalu lintas yang padat. Rasa lelah yang muncul terutama pada bagian punggung, leher dan kaki adalah keluhan yang kerap terdengar dari mulut mereka yang habis berkendara dengan mobil. Padahal untuk mengurangi rasa lelah tersebut, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan, baik itu oleh pengemudi mobil atau penumpang yang lain.

Simak berikut ini :

1. Gunakan bantal kecil di headrest atau di belakang tulang leher agar rasa lelah pada bagian ini bisa berkurang. Anda bisa mendapatkan bantal ini dengan mudah di pasaran. Jika tidak ada, Anda dapat menyiasatinya menggunakan gulungan handuk yang dilingkarkan pada leher.

Hal ini juga berlaku bagi penumpang, apalagi yang hendak tidur. Posisi kepala yang miring atau tertunduk saat tidur tentu akan memberi rasa nyeri yang luar biasa saat terbangun. Karena itu gunakan bantal, handuk atau benda empuk lain yang bisa menyanggah kepala.

2. Bagi pengemudi, atur jarak jok dengan kemudi sedekat mungkin dengan tidak melupakan unsur kenyamanan. Posisi ini dapat membuat lutut pengemudi berada sedikit lebih tinggi dari pinggul dan kaki pun tidak menggantung di ujung jok. Kaki yang menggantung dikhawatirkan menghambat aliran darah ke kaki, selain itu posisi ini membuat pengemudi tak perlu menginjakkan kaki terlalu “dalam” saat menginjak rem atau kopling.

3. Hendaknya jangan meletakkan dompet di kantung celana bagian belakang saat duduk di dalam mobil karena akan mempercepat atau menambah rasa lelah. Untuk itu letakkan dompet di dalam tas atau di dalam dashboard agar tidak mengundang maksud jahat orang di sekitar.

4. Jika memungkinkan, gerakkan bagian badan seperti jemari kaki dan tangan, pinggul dan leher agar peredaran darah bisa kembali lancar. Anda bisa melakukan ini di lampu merah atau ketika terjebak di kemacetan.

5. Jika rasa lelah atau nyeri pada leher atau punggung sudah tak tertahankan, menepilah sejenak untuk turun sambil melakukan peregangan paling tidak selama 5 menit. Hal lain yang bisa dilakukan adalah berjalan di sekitar mobil agar darah bisa mengalir lagi dengan lancar ke seluruh bagian tubuh.

6. Terakhir, rajin-rajinlah berolahraga agar tubuh tidak cepat mengalami kelelahan saat berkendara. Tak perlu olahraga yang berat, jogging, berjalan kaki atau lompat tali secara teratur dirasa cukup untuk mengatasi hal ini.

Sumber: http://www.untukku.com/berita-untukku/mengurangi-rasa-lelah-saat-berkendara-untukku.html

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan Anda Gimana?