Mitos Dari Kokok Ayam. Percayakah Anda?

Pernah dengar ayam berkokok? Tentunya sudah pada dengar, yang belum silakan cari aja di google (emangnya sampean tinggal dimana). Kalo denger ayam mengaum atau ayam mengembek atau ayam mengeong, saya sendiri pun belum pernah denger. Tapi bagi yang udah ... ehmmm bagi-bagi dong rekemannya

Oke...oke postingan kali ini gak kan panjang-panjang, karena ini memang tidak akan panjang hanya penasaran aja sama yang namanya kokok ayam. Ayam berkokok kok aneh (jangan cepet-cepet bacanya), kalau ayan maksudnya ayam berkokok menandakan pagi hari itu mah biasa. Tapi kalau ayam berkokok senja atau malam hari gimana?

Nah dari sini cerita berlanjut (halah lebay), kata orang tua tua dulu jika ada ayam berkokok senja (ada yang bilang begitu) atau malam (ini versi yang lain) itu tandanya ada anak gadis (belum menikah) hamil di luar nikah (hobi banget hamil diluar, gak kedinginan)... ehmm kenapa gak pake sebutan anak perawan aja untuk menggantikan anak gadis, kan lebih keren seperti yang di katakan orang atau bacaan di internet lewat postingan blogger yang lain. Tau kenapa? Alasannya kalo udah hamil gimana ceritanya masih perawan bener gak. Hehehe, ada-ada aja.

Ntah bermula dari mana yang jelas hal-hal semacam ini masih sangat lekat di masyarakat. kalo mau dipikir-pikir lagi sambil ketok-ketok dengkul rasanya kok aneh gimana gitu, ternyata ayam memiliki indra yang sangat tajam, bisa mengetahui ada orang lagi hamil, tapi kok gak pernah dipake untuk mendeteksi kehamilan saja ya... hmmm tanya siapa? tanya sendiri.. hahahaha...

Apakah ini bener atau hanya mitos saja, kemungkinan mitos saja, kata orang ayam kalo senja itu rabun jadi kalau ayam berkokok itu tandanya rabunnya udah parah, jelas-jelas senja di kira pagi. Mungkin karena gak makan bangku sekolahan (ya iyalah ayam makan jagung, beras dan lain-lain tergantung yang melihara, kalau yang punya tajir tiap hari dikasi makan spageti, humberger dan lain-lain) jadi gak tau kalo matahari itu terbitnya di timur bukan di barat, kalau terbit di barat bersiap saja menghadap yang di atas.... karena bentar lagi kiamat.

Padahal dari blog S4iga menyebut kan hadits, kira-kira begini bunyinya...

Quote:
Apabila kamu mendengar ayam jago berkokok (di waktu malam), mintalah anugerah kepada Allah, sesungguhnya ia melihat Malaikat. Tapi apabila engkau mendengar keledai meringkik (di waktu malam), mintalah perlindungan kepada Allah dari gangguan syaitan, sesungguhnya ia melihat syaitan.” (HR. Bukhari dengan Fathul Baari 6/350, Muslim 4/2092 no. 2729. Tambahan yang terdapat dalam kurung diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam Adabul Mufrad no 1236, lihat silsilah Adabul Mufrad no. 938 dan Silsilah Ahaadist ash-Shahiihah no. 3183. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu.)
Jadi MITOS atau BENERAN KAH? Terserah pada keyakinan Anda.

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10766082

3 komentar:

Anonymous said...

terlalau ribet bacanya... jangan terlalu narcis jadinya ga kelaitan informasinya..

SAREH JP said...

ya terima kasih....semoga netral gak mempengarui yang aneh....gara berita kita hampir kehilangan budaya....

mario martin said...

Kebanyakan ba bi bu nulisnya ente jd males baca.

Post a Comment

Tanggapan Anda Gimana?